Tugas Psikologi & Teknologi internet 1

PEMANFAATAN INTERNET DAN DAMPAKNYA PADA PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS DI SURABAYA



I.               Pengertian Internet
Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia yang meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya.
II.             Dampak Positif  penggunaan internet
1.     Dampak Positif
-       Internet bermanfaat sebagai media informasi
-       Internet bermanfaat sebagai media komunikasi
-       Internet bermanfaat sebagai media belajar
-       Internet bermanfaat sebagai media hiburan
-       Internet bermanfaat sebagai media bisnis dan transaksi

III.           Kasus dampak positif penggunaan internet 
Qomariyah (2009) menjelaskan bahwa internet memang membawa begitu banyak kemudahan kepada penggunanya. Beragam akses terhadap informasi dan hiburan dari berbagai penjuru dunia dapat dilakukan melalui satu pintu saja. Internet juga dapat menembus batas dimensi kehidupan penggunanya, waktu, dan bahkan ruang sehingga internet dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Fasilitas search engine situs pencari dapat memberikan informasi kepada pengguna internet sehingga dapat menemukan banyak sekali alternatif dan pilihan informasi yang diperlukannya dengan mengetikkan kata kunci di form yang disediakan. Qomariyah (2009) telah meneliti pemanfaatan internet para siswa remaja yang hasilnya menunjukkan bahwa kalangan remaja Indonesia, khususnya remaja tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas), internet sudah tentu bukanlah hal yang asing lagi, terutama bagi remaja di perkotaan. Fakta tersebut menunjukkan bahwa internet juga bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi pemakainya, terutama dalam bidang pendidikan. Kini internet sudah diterima dan masuk sekolah-sekolah di Indonesia, tak terkecuali di SMP dan SMA. Salah satu bukti yang tidak terbantahkan adalah adanya materi pemanfaatan internet pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang harus dipelajari siswa-siswi SMP saat menduduki kelas IX, sehingga membuat pihak sekolah harus memiliki laboratorium komputer yang terkoneksi internet sebagai sarana utama penunjang mata pelajaran tersebut dengan istilah model pembelajaran ICT (Information and Communication Technology). Artinya, pendidikan berbasis teknologi akan dieksplorasi sedalamdalamnya dalam memberikan pembelajaran pada peserta didik. Jadi, dengan adanya pemanfaatan internet di sekolah ini diharapkan akan semakin mendekatkan sumber informasi kepada guru dan peserta didik mereka sehingga mereka memperoleh kemudahan mengakses informasi dari berbagai sumber, khususnya yang berkaitan dengan materi yang paling mutakhir di bidang pendidikan atau pembelajaran.
Dampak internet bisa negatif, bisa pula positif dalam bidang pendidikan. Hal tersebut tidak menyurutkan langkah beberapa sekolah menengah atas di Surabaya untuk menyertakan fasilitas internet dalam kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah maupun di rumah. Salah satu SMA Negeri yang termasuk sebuah sekolah favorit di Surabaya yaitu SMA Negeri 9 adalah sekolah dengan Elfan Rahardian K. Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar SMA Di Surabaya 4 segudang prestasi. SMAN 9 tahun lalu merupakan salah satu sekolah yang mendapat penghargaan sebagai sekolah dengan rangking 10 Jurusan IPA dan sebagai sekolah dengan nilai Rerata Tinggi UN (http://sman9sby.sch.id/). Prestasi lainnya masih banyak dan bisa dilihat melalui situs resmi yang telah dibuat oleh pihak sekolah. SMUN 9 juga memberdayakan fasilitas internet sedemikian rupa untuk turut mendorong kegiatan belajar-mengajar baik di lingkungan sekolah maupun di rumah kepada para siswanya. Di lingkungan sekolah, pihak sekolah menyediakan fasilitas internet berupa ‘Gubug Wifi’, yaitu suatu fasilitas berupa lokasi khusus kepada para murid maupun guru yang ingin menikmati koneksi internet secara gratis. Sedangkan kegiatan belajar siswa di rumah dilakukan dengan memberikan berbagai tugas yang bahan-bahannya dapat diambil melalui cara online di situs internet tertentu. Berdasarkan fenomena dan permasalahan dampak internet, baik yang positif maupun yang negatif, terhadap siswa dalam kegiatan belajar mengajar.


Analisi :
Dari contoh kasus diatas, teori yang dapat diambil dari teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Teori perkembangan tentang perkembangan kognitif memberikan batasan kembali tentang kecerdasar, pengetahuan dan hubungan anak didik dengan lingkungannya. Kecerdasan merupakan proses yang berkesinambungan yang membentuk struktur yang diperlukan dalam interaksi terus menerus dengan lingkungannya. Struktur yang dibentuk oleh kecerdasan, pengetahuan sangat subjektif dalam masa bayi dan anak-anak awal dan menjadi objektif dalam masa dewasa awal. 

Sumber analisis :
https://www.kompasiana.com/jokowinarto/550094a28133115318fa799e/teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-dan-implementasinya-dalam-pendidikan?page=all

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenalku

Tugas Psikologi & Teknologi Internet

Tugas Psikologi & Teknologi Internet